Rabu, 20 Mei 2015

Penjelasan etika berinternet


Internet merupakan kepanjangan dari interconnection networking merupakan suatu jaringan yang menghubungkan computer diseluruh dunia, internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1973 oleh salah satu lembaga riset di amerika serikat yaitu DARPA (Defence Advance Research Project Agency) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa jenis jaringan paket data seperti CS-net, Bit-net, Nfs-net.
Pada tahun 1972, jaringan computer yang pertama kali dihasilkan ARPnet yang telah menghubungkan 40 titik dengan menggunakan FTP, pada tahun 1984 host berkembang menjadi DNS dan tahun 1990 terdapat penambahan aplikasi diantaranya www.
Seiring dengan perkembangan internet yang pesat memberikan dampak besar dalam segala aspek kehidupan diantaranya :
1.      Informasi diinternet dapat diakses 24 jam
2.      Biaya relative murah dan gratis
3.      Kemudahan akses informasi dalam melakukan transaksi
4.      Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
5.      Informasi dapat diupdate dengan mudah
6.      Pengguna internet yang sudah merambah ke seluruh penjuru dunia
Namun dibalik setiap hal positif pasti ada hal negative bila disalah gunakan, dilihat dari sudut pandang lain perkembangan internet dengan akses infomasi yang tidak terbatas bisa disalah gunakan, berbagai kejahatan didunia internet sudah marak berkembang dunia tekhnologi informasi (TI) ini  dan dari pada itu pentingnya beretika dalam menggunakan internet wajib diperhatikan dan diterapkan, menuntut dibuatkan aturan aturan atau etika beraktifitas didalamnya.
Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika berinternet :
1.      Pengguna internet berasal dari berbagai Negara yang memiliki budaya, Bahasa dan adat istiadat yang berbeda
2.      Bermacam fasilitas diinternet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis/tidak etis
3.      Pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya penghuni baru, maka dari pada itu mereka perlu diberi petunjuak agar memahami budaya internet.
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk serta tentang hak dan kewajiban moral. Etika dalam berinternet biasa disebut dengan cyber ethic (etika cyber) adalah suatu aturan tak tertulis yang dikenal didunia IT, suatu nilai nilai yang sepakati bersama untuk dipatuhi dalam interaksi atar pengguna tekhnologi khususnya tekhnologi informasi, sedangkanNetiket atau netiquette adalah salah satu etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet, bisa juga diartikan etika dalam berkomunikasi menggunakan internetyang ditetapkan oleh IETF (The Internet Enginner Task Force), IETF adalah sebuah komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoprasian internet
Berikut salah satu contoh etika yang telah ditetapkan oleh IETF :
Netiket one to one communication adalah kondisi dimana komuniskasi terjadi antar individu dalam sebuah dialog. Contoh komunikasi via email, hal hal yang dilarang :
1.      Jangan terlalu banyak mengutip
2.      Perlakukan email secara pribadi
3.      Hati hati dalam menggunakan huruf capital
4.      Jangan membicarakan orang lain
5.      Jangan menggunakan cc (carbon copy)
6.      Janga gunakan format HTML
7.      Jawablah secara masuk akal.
Sumber :

-          modul bsi maret 2015

0 komentar:

Posting Komentar